Cara Membuat Puisi yang Baik dan Bagus

1 komentar

kertas puisi terbakar

Bagitulisan.com - Membuat atau menulis puisi bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Inilah sebabnya puisi mengalami evolusi menjadi banyak ragam dan jenis puisi yang tercipta. Hal tersebut berlaku dalam aturan menulis puisi. Jika dulu puisi lama memiliki aturan yang ketat dan baku, maka sekarang puisi baru hadir dengan gaya tulisan yang lebih luas dan bebas.

Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa puisi tidak bisa dibuat asal-asalan. Perlu ada ciri khas dan unsur penulisan puisi agar sebuah tulisan dianggap sebagai karya puisi yang baik dan benar. Membuat puisi yang baik dan benar akan bernilai bagus untuk dibaca.

Nah, bagaimana cara membuat puisi yang baik dan benar sehingga hasilnya bagus? Yuk, simak langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah Membuat Puisi

Penting mengetahui bagaimana langkah-langkah membuat puisi agar bisa disebut karya puisi. Minimal tahu apa saja yang harus ditulis pada umumnya. Tak jarang juga hal tersebut ada pada soal di pelajaran bahasa Indonesia. Misal, sebutkan langkah-langkah membuat puisi atau sebutkan 4 langkah menulis puisi. Setidaknya, terdapat 4 langkah membuat puisi :

1. Menentukan Tema dan Judul Puisi

judul puisi dan foto pohon

Tema puisi adalah pokok pikiran atau dasar cerita puisi. Sementara judul puisi adalah kepala dari karangan puisi.

Dalam menulis, poin pertama untuk memulai adalah tema dan dilanjutkan judul. Tanpa tema dan judul, alur dan struktur tulisan akan berantakan dan banyak perbaikan berulang kali. Hal tersebut juga berlaku untuk membuat sebuah puisi. Ibarat tanpa seorang raja dan menteri kerajaan, maka rakyat kerajaan akan kacau. Alhasil, kerajaan terancam runtuh.

Bedakan antara tema dan judul puisi. Tema memiliki arti yang lebih luas dari judul. Sederhananya, tema puisi adalah judulnya judul puisi. Bingung? Sama. Lebih baik buat contoh saja. 

Contoh

Tema : Bulan Ramadhan

Maka, bisa ditulis berbagai judulnya seperti di bawah ini.

Judul

  • Marhaban Ya Ramadhan
  • Ramadhan Bersama Keluarga 
  • Bulan Suci Masih Jomblo

Cara menentukan tema puisi susah-susah gampang. Akan menjadi susah apabila belum terbiasa membaca dan menulis puisi yang banyak. Sebaliknya, terbiasa membaca dan menulis puisi akan lebih cepat menentukan tema puisi. Kuncinya: banyak latihan.

2. Menemukan dan Menentukan Imajinasi

tulisan kreatif

Silakan kamu berimajinasi sebebas mungkin di langkah ini. Puisi dibentuk dari hasil penalaran atau ungkapan si penulis terhadap sesuatu dari emosi (bisa) berupa yang dikeluhkan, diinginkan, atau diimajinasikan.

Untuk menemukan imajinasi diperlukan sebuah objek. Bisa benda, kata, kisah perjalanan, perasaan, dan segala hal lainnya. Boleh juga dari kisah nyata. Bebas. Setelah menemukan objeknya, kemudian bayangkan dalam sudut pandangmu. Objek tersebut bisa dijelaskan atau dideskripsikan seperti apa.

Santai saja. Tidak perlu terburu-terburu karena kunci dari langkah ini adalah konsentrasi. Otak kanan dipacu untuk sekreatif mungkin agar menghasilkan sudut pandang lain dari suatu objek.

Setelah menemukan imajinasi, berikutnya tinggal menentukan kira-kira imajinasi apa yang akan dimasukan ke dalam puisi dari sekian banyak yang ditemukan tadi. Kira-kira seperti ini contohnya.

Contoh

Objek : Buku

Menemukan imajinasi :

  • Jika buku tidak ada di bumi.
  • Andai buku bisa dimakan.
  • Kisah romantis karena buku. 

Kemudian, pilih salah satu dari imajinasimu.

Menentukan imajinasi :

  • Kisah romantis karena buku.

Deskripsi lengkap imajinasi :

Saat hujan hari Selasa bulan Ramadhan tahun lalu, aku tak sengaja menemukan sebuah buku yang akhirnya mempertemukan dengan pendamping hidupku. 

Dari langkah ini juga akan menemukan genre puisi apakah puisi elegi, humor, sedih, kehidupan, dan sebagainya.

3. Menentukan Diksi dan Majas

anak kecil baca buku

Diksi dalam puisi harus memilih kata yang sesuai agar isi puisi tepat sasaran ketika dibaca. Adapun majas, yaitu kata kiasan. Keduanya adalah jiwa dari puisi. Inilah mengapa puisi bisa dibuat secara bebas, tapi tetap memiliki identitas.

Akan terasa jelas ketika puisi diberikan diksi dan majas yang tepat. Porsinya pun harus pas, tidak lebih. Jika penggunaan diksi dan majas terlalu sedikit bahkan tidak ada sama sekali, maka terasa seperti membaca tulisan monoton dan klise. Demikian pula dengan penggunaan yang berlebihan akan menimbulkan bacaan yang bias dan pembaca apalagi targetnya bukan seorang penyair akan kebingungan.

Untuk memudahkan penggunaan diksi dan majas bisa mengikuti pola pantun, yaitu memberikan kata sampiran dan simpulan secara bergantian.

Kosakata diksi dan Majas bisa kamu cari di buku PUEBI, naskah-naskah puisi, dan komunitas menulis. Kunci agar kamu jago menulis puisi dengan diksi dan majas yang bagus : banyak riset dan baca kosakata. Adapun contoh diksi kamu bisa cari di sini dan contoh majas di sini

4. Mulai Menulis

kaki mulai jalan

Salah satu hal terberat bagi penulis puisi pemula bahkan terkadang bagi profesional adalah memulai menulis. Ada banyak alasannya. Mulai dari tidak ada waktu, malas, sulit, dan sebagainya. 

Maka dari itu, buatlah puisi tentang apa yang kamu sukai atau kuasai. Jika karena ingin menantang diri untuk membuat hal yang baru, disarankan melakukan riset atau bisa meniru kemudian memodifikasi dari puisi-puisi orang lain. Ingat, bukan jiplak atau plagiat. Terakhir, buatlah jadwal atau kalender kegiatan agar memudahkan kapan target puisi bisa diselesaikan.  

Kunci agar kamu mau memulai menulis adalah : gerak dan semangat.

Itulah langkah-langkah membuat puisi yang baik dan bagus. Semoga bermanfaat, terus berlatih, dan terus menambah wawasan ya. Keep learning.

Sumber Referensi :

·         https://www.elmarkazi.com/langkah-langkah-menulis-puisi/

·         https://penerbitdeepublish.com/langkah-menulis-puisi/

·         https://www.ruangguru.com/blog/cara-membuat-puisi-yang-baik-dan-benar

 

Terbaru Lebih lama

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar